SORONG-Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Sorong, secara rutin melaksanakan program jemput bola. Salat satu tempat yang dilakukan pelayanan yakni kepada warga di sekitar Saoka.
Disdukcapil Kota Sorong kembali turun lapangan memberikan pelayanan pendaftaran penduduk dan pencatatan sipil di Gereja GKI Paulus yang bertempat di Kelurahan Saoka Distrik Maladumes, Kamis (11/11).
Kadisdukcapil Kota Sorong Onesimus Assem, S.Sos.MBA kepada Radar Sorong, Kamis (11/11) mengatakan bahwa Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Sorong turun langsung ke Saoka Distrik Maladumes dalam rangka melakukan pelayanan kepada masyarakat secara langsung.
“Program Jemput Bola seperti biasa yang rutin sudah kita lakukan. Kita turun tadi ada 4 loket dengan nomor antrean 250, karena animo masyarakat sangat besar. Mereka juga senang dan berharap program semacam ini ada lagi. ” katanya.
Lanjutnya bahwa selain melakukan pelayanan jemput bola di lapangan. Pelayanan di kantor Disdukcapil Kota Sorong tetap berjalan seperti biasa.
“Kita jalan dua-duanya. Di kantor tetap layani masyarakat. Dan di lapangan juga kita layani,” ujarnya.
Kadisdukcapil, mengungkapkan bahwa banyak warga yang datang mengurus dokumen pencatatan sipil dan dokumen lainnya.
“Kasihan, banyak warga yang mereka nikah gereja tetapi tidak masuk dalam catatan sipil. Banyak yang tidak punya KK dan KTP, semua dokumen,” ungkapnya.
Ia mengimbau agar warga Kota Sorong harus memiliki status yang jelas agar diperhatikan oleh negara. Terutama hal-hal yang berkaitan dengan kebutuhan-kebutuhan masyarakat yang dianggarkan oleh negara. Dalam hal ini KIS, KIP, Raskin, Bansos, dan BLT.
“Program ini banyak pemerintah anggarkan untuk bapak, ibu tetapi karena bapak ibu punya nama tidak masuk di dalam databasenya Kementerian Dalam Negeri turun ke gubernur, bupati, wali kota sehingga banyak yang tercecer dan kelewatan,” tegasnya.
Kadisdukcapil mengimbau, ketika didalam pelayanan administrasi kependudukan supaya masyarakat disiplin.
“Terkait dengan protokol kesehatan, kemudian mereka harus proaktif, kami juga memberikan pelayanan yang membuat warga nyaman,” pungkasnya. (zia)