Solusi Teknologi untuk Mendigitalisasi Bisnis Ritel dan UMKM
SORONG – Menyambut Hari Ritel Nasional yang jatuh pada tanggal 11 November, Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo) dan Microsoft Indonesia bekerja sama guna memajukan UMKM, dengan menyelenggarakan rangkaian kegiatan Hari Ritel Nasional 2021 secara hybrid. Dengan tema “Ritel Tangguh, UMKM Maju, Indonesia Bangkit”, pagelaran ini terdiri dari aktivitas pendidikan dan pelatihan melalui seri webinar daring, gelaran produk usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM).
Termasuk di dalam inisiatif ini antara lain, kerja sama Aprindo dengan Microsoft dalam mengakselerasi transformasi digital peritel dan UMKM melalui perilisan microsite serta buku Panduan untuk Ritel dan UMKM Modern Indonesia, yang dapat diakses melalui tautan https://ritelmodernindonesia.com/. Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri, Kementerian Perdagangan Republik Indonesia Oke Nurwan, mengatakan, Ritel modern adalah pelaku usaha di sektor strategis hilir yang memberikan ketersediaan barang kebutuhan pokok.
“Termasuk, pengembangan para pemasok ke gerai ritel modern (minimarket, supermarket, hypermarket) di antaranya para UMKM yang perlu terus menerus diberikan pembinaan usaha. Karena itu, dukungan seperti yang dilakukan Aprindo melalui rangkaian acara Hari Ritel Nasional ke-II bersama Microsoft, para mitra korporasi swasta, serta mitra BUMN, kementerian dan lembaga, kami apresiasi,” katanya, melalui virtual zoom bersama awak media se-Indonesia, Rabu (10/11). “Kami mendukung gelaran ini sepenuhnya, guna mendukung kemajuan usaha, meningkatkan daya saing usaha ritel modern dan UMKM bagi Indonesia Maju dan Bangkit,” sambungnya.
Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo) Roy Nicholas Mandey, mengatakan Selain aspek kompetensi digital bersama Microsoft, Aprindo juga terus berupaya memajukan industri ritel Indonesia termasuk di wilayah Timur. “Kami sangat antusias dapat kembali menggaungkan pentingnya industri ritel bagi perekonomian Indonesia di Hari Ritel Nasional 2021 ini. Bekerja sama dengan Microsoft, tahun ini dapat menyediakan platform yang lebih luas bagi bisnis ritel untuk saling terkoneksi dan bahkan terhubung dengan konsumen,” katanya.
“Tidak hanya itu, melalui rangkaian acara yang masih berlangsung hingga Desember. Kami juga akan memberikan mereka lebih banyak solusi digital dan program pemberdayaan bersama berbagai institusi. Kiranya, kerja sama ini dapat menjadi titik awal bagi bisnis ritel, termasuk UMKM, dalam menavigasi pilihan digital yang tersediai,” sambungnya. Dikatakannya bahwa Melalui format digital saat ini Aprindo sudah kolaborasi dengan Microsoft. Dimana Aprindo bisa memetakan kebutuhan yang berkaitan dengan peningkatan produktivitas UMKM khususnya di Indonesia Timur, salah satunya Kota Sorong. Karena kita mengetahui bahwa prospektif bisnis di Indonesia Timur sangat besar.
“Hampir 5 tahun terakhir ini pelaku usaha ritel modern sudah melangkah melakukan ekspansi maupun pembukaan gerai store di wilayah Indonesia Timur, untuk bisa menarik para UMKM berdagang, bukan hanya di kota itu tetapi juga ke seluruh Indonesia melalui jejaring Aprindo,” jelasnya. Azure Business Group Lead Microsoft Indonesia, Fiki Setiyono, mengatakan, Sejalan dengan agenda nasional Revolusi Industri 4.0 yang dicanangkan pemerintah, kini adalah saatnya kita mengakselerasi dan mengintegrasikan inovasi, kreativitas, dan produktivitas melalui teknologi digital.
“Ini juga peluang bagi ritel untuk mulai membangun keterampilan yang dapat menjalankan dan memanfaatkan teknologi digital tersebut. Kami bangga dapat menjadi bagian dari Hari Ritel Nasional 2021 dan siap mendampingi pelaku sektor ritel nasional untuk go digital. Mari kita berkolaborasi untuk memberdayakan ekonomi digital Indonesia,” pungkasnya.(zia)