• Profil
  • Tentang Kami
  • Redaksi
  • Kontak
Rabu, 16 Juli 2025
  • Login
Radar Sorong
Advertisement
  • Berita Utama
  • Metro Sorong
  • Sorong Raya
  • Lintas Papua
  • Nasional
  • Internasional
  • Ekonomi
  • Sport
  • Feature
No Result
View All Result
  • Berita Utama
  • Metro Sorong
  • Sorong Raya
  • Lintas Papua
  • Nasional
  • Internasional
  • Ekonomi
  • Sport
  • Feature
No Result
View All Result
Radar Sorong
No Result
View All Result
ADVERTISEMENT
Home Ekonomi

Era Experience Economy, Pelaku Bisnis Tingkatkan Pengalaman Digital Pelanggan

by admin
23 Desember 2021
in Ekonomi
0
Era Experience Economy, Pelaku Bisnis Tingkatkan Pengalaman Digital Pelanggan

Direktur Utama Telkom, Ririek Adriansyah bersama Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahudin Uno ketika hadir dalam CX Summit 2021 secara daring. IST/RADAR SORONG

Share on FacebookShare on WhatsApp
ADVERTISEMENT

SORONG – PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) kembali menyelenggarakan Customer Experience (CX) Summit 2021 untuk keempat kalinya dengan mengusung tema “Revive and Thrive Your Business by Transforming Customer Experience” yang dilaksanakan secara daring.

Direktur Utama Telkom, Ririek Adriansyah  mengatakan CX Summit 2021 merupakan kolaborasi antara Telkom dengan Indonesia Customer Experience Professional (ICXP) membahas aspek-aspek strategis yang mengedepankan peningkatan kualitas pengalaman pelanggan atau yang sering disebut sebagai Customer Experience (CX), diantaranya aspek terkait transformasi perusahaan menuju customer-centric, customer experience bagi perusahaan, industri UMKM (Usaha Kecil, Mikro dan Menengah), industri ekonomi kreatif dan pariwisata. 

Berita Terkait

Telkomsel Hadirkan Program Digital Empowering for Community 2025 di Kota Sorong

Telkomsel Hadirkan Program Digital Empowering for Community 2025 di Kota Sorong

15 Juli 2025
34

Wayame Hydro Bae, Inovasi Sosial CSR Pertamina

14 Juli 2025
16

Pertamina Patra Niaga Papua Maluku Raih 3 Penghargaan CSR di ISRA 2025

13 Juli 2025
28

Lanjutnya bahwa customer experience menjadi strategi diferensiasi yang penting dilakukan oleh semua bisnis agar dapat bertahan dalam kompetisi di era Experience Economy ini. “Customer experience telah menjadi salah satu prioritas TelkomGroup sejak beberapa tahun terakhir. Untuk itu, Telkom masih terus berupaya menghadirkan customer experience yang semakin baik dari waktu ke waktu. Telkom pun berkomitmen untuk terus meningkatkan dan mengembangkan ekosistem serta kapabilitas digital untuk membangun kedaulatan digital bangsa, membangun negara yang kuat, dan meraih peluang-peluang baru di seluruh negeri,” kata Ririek, Rabu (22/12).

ADVERTISEMENT

Dikatakannya bahwa CX Summit 2021yang dilaksanakan dalam format online conference dan virtual exhibition dengan total visitors periode 6-9 Desember 2021 sebanyak 4.300 pengunjung. Meskipun diselenggarakan secara online, tidak mengurangi esensi dari tujuan terselenggaranya CX Summit 2021. Bahkan, dengan metode online, acara ini dapat diikuti oleh lebih banyak partisipan dan narasumber termasuk dari mancanegara seperti Jeremy Utley, Director Executive Education Stanford School yang hadir secara live dari Silicon Valley, Amerika Serikat. 

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahudin Uno mengatakan bahwa sektor pariwisata dan ekonomi kreatif turun berdampak yang luar biasa, karena pandemi di beberapa lini. Ini bisa dilihat dari menurunnya tren konsumsi dan tren menurunnya wisatawan domestik dan internasional. “Pada saat pandemi, ada sektor yang menjadi pandemic winner, seperti fashion, kuliner dan griya khususnya bidang Parekraf yang terdigitalisasi kontribusi terhadap PDB-nya naik 7,5% dan bahkan Indonesia berada di tiga dunia dengan nilai kontribusi 1.100 triliun rupiah,” ujar Menparekraf.

Menparekraf menambahkan, melalui tema “Optimism for Revival of Tourism and Business in Indonesia Towards 2022”, diharapkan event ini dapat meningkatkan partisipasi pelaku wisata dan ekonomi kreatif untuk bisa mendapatkan pencerahan, ide-ide baru dalam menghadapi isu-isu customer experience dengan berorientasi pada menghadirkan pengalaman pelanggan yang terbaik.

Sementara itu, Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki, memberikan apresiasi dan dukungannya terhadap acara CX Summit 2021. Ia memaparkan kembali dominasi UMKM yang memiliki kontribusi cukup besar pada PDB Nasional. Data Kementerian Koperasi dan UKM menyebutkan jika UMKM mendominasi 99,9% pelaku usaha di Indonesia, berkontribusi sebanyak 61% terhadap PDB nasional, mampu menyerap tenaga kerja hingga 97 persen dan kontribusi pada ekspor sebesar 14,37%. 

Menurut Menteri Koperasi dan UKM, saat ini ada 16,4 juta UMKM telah terhubung ke dalam platform digital. Angka ini menunjukkan pertumbuhan lebih dari 100 persen sejak awal pandemi. Oleh karena itu, pendampingan berkelanjutan, insentif bagi pelaku usaha, dan infrastruktur menjadi elemen kunci yang sangat dibutuhkan UMKM RI untuk bertransformasi digital.(*/zia)

ADVERTISEMENT
ADVERTISEMENT
Previous Post

Pertamina Borong 7 Penghargaan BPH Migas 2021

Next Post

Panglima TNI Dorong Rekrutmen 2.000 Calon Tamtama Afirmasi Otsus

Related Posts

Telkomsel Hadirkan Program Digital Empowering for Community 2025 di Kota Sorong
Ekonomi

Telkomsel Hadirkan Program Digital Empowering for Community 2025 di Kota Sorong

15 Juli 2025
34
Ekonomi

Wayame Hydro Bae, Inovasi Sosial CSR Pertamina

14 Juli 2025
16
Ekonomi

Pertamina Patra Niaga Papua Maluku Raih 3 Penghargaan CSR di ISRA 2025

13 Juli 2025
28
Ekonomi

Pertamina Patra Niaga Audiensi dengan Wakapolda Malut, Sinergi Layanan Energi

13 Juli 2025
28
Pertamina RU VII Kasim Raih Penghargaan Gender Equality
Ekonomi

Pertamina RU VII Kasim Raih Penghargaan Gender Equality

12 Juli 2025
52
Lestarikan Keanekaragaman Hayati, Kilang Kasim Raih ISRA Award Gold Medal
Ekonomi

Lestarikan Keanekaragaman Hayati, Kilang Kasim Raih ISRA Award Gold Medal

11 Juli 2025
80
Next Post
Panglima TNI Dorong Rekrutmen 2.000 Calon Tamtama Afirmasi Otsus

Panglima TNI Dorong Rekrutmen 2.000 Calon Tamtama Afirmasi Otsus

Tinggalkan Balasan Batalkan balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

ADVERTISEMENT

Follow Us

Radar Sorong

Radar Sorong telah meluncurkan Portal Berita Online yaitu radarsorong.id yang lebih memudahkan masyarakat mendapatkan informasi terpercaya dan actual dari Harian Pagi Radar Sorong.

Kategori Beritra

  • Berita Utama
  • Ekonomi
  • Essay Foto/Berita Foto
  • Feature
  • Internasional
  • Lainnnya
  • Lintas Papua
  • Metro Sorong
  • Nasional
  • Nusantara
  • Papua Barat Daya
  • Sepakbola
  • Sorong Raya
  • Sport
  • Uncategorized

Berita Terbaru

57 Kontainer Kayu Merbau Ilegal dari Papua Diamankan KLHK

Evaluasi Tata Kelola dan Pemanfaatan Hutan Benahi Indikasi Ilegal Logging

16 Juli 2025
Program MBG Diterapkan di SDN 36 Kota Sorong, Antusiasme Siswa Capai 95% Kehadiran

Program MBG Diterapkan di SDN 36 Kota Sorong, Antusiasme Siswa Capai 95% Kehadiran

15 Juli 2025
  • Profil
  • Tentang Kami
  • Redaksi
  • Kontak

© 2021 - Radar Sorong - Developed by Tokoweb.co

No Result
View All Result
  • Berita Utama
  • Metro Sorong
  • Sorong Raya
  • Lintas Papua
  • Nasional
  • Internasional
  • Ekonomi
  • Sport
  • Feature

Welcome Back!

Login to your account below

Forgotten Password?

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In
error: Content is protected !!