Pastikan Kemudahan Klaim dengan Digitalisasi Layanan
SORONG – Hari Pelanggan Nasional (HPN) yang jatuh setiap tanggal 4 September, diperingati BPJAMSOSTEK Cabang Papua Barat dengan berbagi cinderamata atau souvenir kepada seluruh pelanggan yang datang ke kantor. Beberapa souvenir yang dibagiakan diantaranya, payung, tumbler dan mug bergambar logo BPJAMSOSTEK.
Kepala BPJAMSOSTEK Cabang Papua Barat, Nasrullah Umar mengatakan, peringatan hari pelanggan nasional oleh BPJAMSOSTEK dilakukan secara terpusat dengan tema ‘Kemudahan Layanan Prioritas Kami’.
“Kemudahan layanan menjadi poin penting dalam aspek pelayanan BPJAMSOSTEK sebagai instansi yang tugasnya mengurus masyarakat pekerja,” kata Nasrullah.
Oleh sebab itu, pada kesempatan hari prlanggan ini, pihaknya juga berkunjung ke RSUD John Piet Wanane untuk melihat langsung pemberian kepastian layanan kepada para peserta BPJAMSOSTEK yang sedang di rawat karena risiko kecelakaan kerja.
“Kami juga mengunjungi perusahaan yang mempekerjakan disabilitas serta mengunjungi peserta yang sudah menerima manfaat tambahan berupa pelatihan kerja yang sudah dipekerjakan kembali oleh perusahaan,” ungkapnya.
Guna memberikan kepastian layanan dimaksud, saat ini BPJAMSOSTEK juga tengah gencar mengkampanyekan aplikasi Jamsostek Mobile (JMO) kepada masyarakat pekerja. Dimana aplikasi tersebut akan sangat mepermudah proses klaim santunan.
“Melalui aplikasi JMO proses klaim bisa dilakukan dengan sangat mudah dari rumah. Bahkan jika dokumennya sudah lengkap, santunan bisa dicairkan ke rekening dalam waktu kurang dari 30 menit,” ujar Nasrullah.
Dikatakan Nasrullah, dengan hadirnya digitalisasi layanan dari BPJAMSOSTEK, efesiensi waktu dan biaya yang harus dikeluarkan masyarakat pekerja saat mengurus klaim dapat lebih ditekan, khususnya bagi pekerja yang domisilinya jauh dari kantor cabang. (ayu)