Khusus di Provinsi Papua dan Papua Barat ada 7 Cabang Smart Branch by Mandiri
Jayapura, 29 Juli 2022 – Bank Mandiri kembali melanjutkan transformasi digital dengan menghadirkan 241 Smart Branch by Mandiri secara serentak di seluruh Indonesia.
Inovasi Smart Branch by Mandiri yang kali ini diluncurkan telah mengadopsi fitur-fitur layanan baru yang berorientasi kepada nasabah atau customer centric. Fitur-fitur ini bertujuan untuk memberikan customer experience terbaik dalam layanan di cabang melalui :
- Perubahan desain cabang yang lebih modern, nyaman dan interaktif.
- Proses layanan yang paperless, cepat dan aman.
- Tersedia layanan reservasi melalui Livin’ dan Kopra.
- Inisiasi transaksi hingga approval dilakukan oleh nasabah yang didukung dengan fitur face recognition dan OTP
- Menempatkan self-service machine (CRM, CSM dan VBOX) untuk mendukung kemudahan dan kecepatan transaksi
- Menempatkan pegawai yang handal dan terpercaya.
Melalui fitur-fitur ini, nasabah yang datang ke Smart Branch by Mandiri akan merasakan pengalaman perbankan yang cepat, mudah, aman dan handal dengan dukungan digital technology.
Smart Branch by Mandiri didesain untuk dapat mengakomodir kebutuhan nasabah berdasarkan tingkat adopsi digital dengan menghadirkan proses layanan yang terintegrasi dengan digital channel (Livin’ dan Kopra) dan self-service machine. Selain itu, nasabah yang memerlukan konsultasi produk dan layanan lainnya juga dapat langsung dibantu oleh General Banker (GB) yang bertugas.
Regional CEO Bank Mandiri Region XII Ferry Kurnia Budianto menjelaskan, bahwa langkah transformasi digital ini juga merupakan bagian dari inisiatif Bank Mandiri dalam mendorong peningkatan literasi keuangan digital di Tanah Air. Untuk itu, transformasi Smart Branch akan hadir dalam tiga tipe, antara lain Digital Box, Hybrid Branch dan Upgrade Branch.
“Ketiga tipe ini diharapkan dapat mengakomodir seluruh karakter nasabah maupun masyarakat yang masih membutuhkan layanan perbankan di cabang maupun edukasi finansial dengan lebih nyaman dan interaktif,” ujar Ferry Kurnia Budianto dalam peresmian, Jumat (29/7).
Digital Box akan hadir untuk nasabah yang membutuhkan layanan perbankan secara express tanpa antrian. Adapun, tipe Hybrid Branch hadir untuk membantu nasabah yang membutuhkan layanan cepat dan terdigitalisasi, serta beragam kebutuhan financial yang kompleks lainnya. Untuk tipe ketiga, yakni Upgrade Branch (Digital Corner) dihadirkan bagi nasabah yang membutuhkan pendampingan staf untuk bertransaksi dan beragam kebutuhan financial yang kompleks lainnya.
Ketiga jenis cabang tersebut dilengkapi dengan self-service machine seperti ATM Setor Tarik, Customer Service Machine (CSM), Video Conference Box yang dapat memungkinkan nasabah berinteraksi secara daring dengan staf Bank Mandiri, dan General Banker yang akan memberikan solusi financial kepada nasabah.
Ferry Kurnia Budianto melanjutkan “Smart Branch by Mandiri hadir untuk memberikan kemudahan transaksi perbankan bagi nasabah karena proses layanannya yang terintegrasi dengan Livin’ by Mandiri. Melalui fitur “Layanan Cabang” di Livin’ by Mandiri, nasabah dapat membuat reservasi sebelumnya untuk bertransaksi di Smart Branch by Mandiri dengan lebih cepat, mudah, aman dan sesuai kebutuhan,” ujarnya.
Tidak hanya itu, bagi nasabah yang belum melakukan reservasi melalui Livin’ by Mandiri, Bank Mandiri tetap menghadirkan kemudahan transaksi dengan adanya electronic form (e-Form) yang paperless.
“Dengan implementasi sistem operasional cabang yang baru, keamanan transaksi nasabah dapat dijaga dengan baik melalui metode personal approval yang dapat dilakukan oleh nasabah sendiri terintegrasi dengan Livin’ by Mandiri.” imbuhnya.
Sebagai informasi pada 29 Juli 2022 ini Bank Mandiri meresmikan 241 Smart Branch by Mandiri yang tersebar di 89 kota/kabupaten dan 29 provinsi secara serentak. Khusus di Provinsi Papua dan Papua Barat Bank Mandiri menghadirkan 7 unit Smart Branch by Mandiri, yakni Hybrid Branch Jayapura Ahmad Yani, Hybrid Branch Jayapura Abepura, Hybrid Branch Jayapura Waena, Hybrid Branch Timika Belibis, Hybrid Branch Timika Hasanuddin, Hybrid Branch Sorong Ahmad Yani dan Hybrid Branch Manokwari. Dengan inovasi ini diharapkan seluruh nasabah dan masyarakat di Indonesia dapat merasakan pengalaman perbankan baru bukan hanya di Ibukota tapi juga di seluruh wilayah Indonesia serta mampu memberikan kontribusi positif terhadap pertumbuhan ekonomi, karena Bank Mandiri peduli dan selalu hadir di dekat nasabah.