SORONG– Melanjutkan kerjasama yang selama ini telah tejalin dengan baik, di awal tahun 2022 ini, tepatnya Kamis (6/1), BPJS Kesehatan Cabang Sorong kembali menjalin kerjasma yang tertuang dalam penandatangan MoU (memorandum of understanding).
Penandatangan MoU ini dilakukan oleh Kepala BPJS Kesehatan Cabang Sorong, Gilang Yoga Wardanu didampingi Kepala Bidang SDMUKP Aldy Lazuardy Ananda dan Wakil Direktur Radar Sorong, Tupono yang didampingi GM Akhmad Murtadho.
Dari kerjasama BPJS Kesehatan dengan Radar Sorong ini diharapkan dapat terbangun sinergitas dalam menyajikan informasi khususnya terkait dengan program BPJS Kesehatan, seperti JKN , sosialiasi, dokumentasi ataupun update informasi lainnya .
Terlebih kata Yoga Wardanu, 95 % penduduk di Kota Sorong sudah menjadi peserta BPJS Kesehatan, sehingga perlu adanya informasi seluas-luasnya kepada masyarakat yang tersaji melalui Radar Sorong.
“Kami anggap bahwa Radar Sorong ini menjadi mitra utama satu-satunya. Media cetak dan elektronik yang ada di Kota Sorong untuk bersama-sama dengan BPJS Kesehatan menyebarkan informasi-informasi positif tentang program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN), sosialisasi, dokumentasi, publikasi yang penting untuk diketahui masyarakat,”ujar Yoga Wardanu.
Bahwa di Tahun 2022 ini, program JKN – KIS (Kartu Indonesia Sehat) masih terus berlanjut dan BPJS Kesehatan juga terus mengembangkan inovasi kepada masyarakat, terkait kemudahan pelayanan peserta, baik itu di fasilitas kesehatan pertama, di Kantor BPJS Kesehatan, di Puskesmas dan di Rumah Sakit.
Yang perlu diketahui oleh masyarakat lanjut Yoga, saat ini, untuk pelayanan administrasi di Kantor BPJS Kesehatan bisa diakses via Whatsapp . “Sehingga peserta diharapkan tidak perlu jauh-jauh datang ke Kantor BPJS Kesehatan karena mungkin ada kesibukan tapi cukup melalui Whatsapp, sudah bisa terlayani. Baik itu menyangkut pelayanan pendaftaran baru, rubah data peserta, rubah faskes, semuanya bisa dijangkau melalui Whatsapp ,”terang Yoga.
Selain melalui Whatsapp, pelayanan non tatap muka BPJS Kesehatan juga bisa diakses melalui JKN Mobile.
“Untuk pelayanan-pelayanan di Puskesmas dan Rumah sakit untuk pengobatan atau rawat jalan itu sudah bisa diakses via JKN Mobile. Apakah itu untuk antriannya, jamnya lalu dokternya siapa,”tandas Yoga.
Dengan tidak perlu antri lama-lama, JKN Mobile memberikan kemudahan bagi masyarakat yang akan mendapatkan pelayanan kesehatan. (ros)